Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Selasa, 01 Maret 2011

Jacques Etienne Victor Arago (1790-1855) cerita aneh-aneh perjalanan keliling dunia


Jacques Étienne Victor Arago (6 Maret 1790 - 27 November 1855) adalah seorang penulis Perancis, seniman dan penjelajah, penulis “Perjalanan Keliling Dunia”. Jacques lahir di Estagel , Pyrénées-Orientales . Dia adalah saudara dari François Arago (1786-1853), seorang ilmuwan dan politisi, yang paling terkenal dari empat bersaudara Arago. Kedua saudaranya yang lain adalah Jean Arago (1788-1836), seorang jenderal di Meksiko tentara; dan Étienne Arago (1802-1892), seorang penulis dan politikus.

Jacques Arago bergabung Louis de Freycinet pada 1817 perjalanannya di seluruh dunia naik kapal Uranie, yang menginspirasi mengarang cerita penjelajahannya dalam “autour du monde”.
Pada ekspedisi De Freycinet ke Hawaii pada tahun 1819, Arago "menunjukkan Rieourious a obscura kamera , "kamera pertama yang pernah dilihat di kepulauan Hawaii.

Meskipun Arago kehilangan penglihatannya pada tahun 1837, ia melanjutkan perjalanan dan menulis untuk teater. Dalam Curieux voyage autour du monde (1853), ia menceritakan perjalanan keliling dunia tanpa sekali menggunakan huruf "a". Dia meninggal di Rio de Janeiro , Brasil . Lebih dari empat puluh lukisannya disumbangkan ke Honolulu Museum of Art oleh Frances Damon Holt.



www.1st-art-gallery.com

Gambar  ini menggambarkan jamuan yang tengah diberikan oleh Monsieur Tilleman, seorang pejabat kolonial yang berkedudukan sebagai kepala garnisun Benteng Concordia di Kota Kupang terhadap tamunya para penjelajah, Rose de Freycinet dan suaminya Louis de Freycinet bersama rombongan ekspedisi. Mereka berpakaian jas dan gaun khas Eropa sambil dilayani para pelayan dan diberikan sugguhan permainan musik yang menghibur oleh penduduk lokal.

Namun dalam sebuah buku berbahasa Prancis Voyages autour du monde et dans les contrées les plus curieuses du globe depuis Christophe jusqu’à nos jours, menerangkan bahwa Rose de Freycinet adalah seorang penumpang yang tidak direncanakan ikut berlayar dalam ekspedisi yang dipimpin oleh Louis de Freycinet dengan Kapal Uranieyang berlayar pada 17 September 1817 dari Prancis. Rose menyelinap dan menjadi penumpang gelap hingga diketahui setelah pelayaran. Perempuan muda nan cantik ini akhirnya bisa diterima awak kapal dan terus melanjutkan pelayaran. Sayangnya Rose meninggal dalam perjalanan karena terserang kolera. Untuk menghormati dan mengenang keberaniannya, sebuah pulau di Lautan Pasifik di beri nama “Rose”.

Kapal Uranie baru melepas sauh di Pelabuhan Kupang pada tanggal 9 Oktober 1818 setelah perjalanan panjang menyeberangi Lautan Atlantik dan Pasifik. Dengan demikian Rose de Freycinet, tidak pernah menginjakkan kakinya di Kota Kupang dan begitu juga tidak pernah ikut dalam perjamuan di kediaman Monsieur Tilleman, sebagaimana terlihat dalam gambar  di atas. Sesuatu yang menjadi misteri!, dikarenakan sang pelukis sendiri  Jacques Arago yang berkebangsaan Prancis adalah bagian dari rombongan dalam ekspedisi yang dipimpin oleh Louis de Freycinet. Entahlah, apakah sang pelukis beranggapan bahwa Rose masih menyertai mereka dalam persinggahan di Pulau Timor, atau juga bagian dari dedikasi menghormati arwahnya, walaupun dengan mengabaikan fakta yang sebenarnya.

Berapa karya yang lain



Timor, 1818 - L'lnterieur D'un Menage a Coupang, Pen and ink and watercolour, 27.9 x 34.3 cm, 



Timor, 1818 - Deux Chinoises Jouant Au Jeu Appele Tjonka (Timor), Pen and ink , 27.9 x 36.2 cm 


Timor, 1818 - Delly. 1818, Danse Timorienne. 9bre 1818, Pen and ink , 25.7 x 32.7 cm


File:Arago – Les Isles Sandwich (supplice).jpg

“Les Isles Sandwich” digambar oleh Jacques Arago dan oleh Maurin.

Adegan yang aneh ini menampilkan dua orang Kepulauan Hawaii, dari catatan yang langka oleh Jacques Arago tentang perjalanannya keliling dunia 1817-1820. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1822, catatan Arago ini menggambarkan banyak temuan aneh (diantaranya yang digambarkan pada gambar ini). Pelat ini ini digambar lagi oleh N. Maurin melalui sketsa asli oleh Jacques Arago, yang telah menjadi buta.


satu lagi cerita aneh Arago,

Artikel terkait (Klik kanan ini)
Referensi Gambar
http://www.geheugenvannederland.nl/?/nl/zoekresultaten


Disukai Pengunjung