Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Selasa, 01 Maret 2011

Q.M.R. Ver Huell (Pelukis) “Banda Neira” 1824


Q.M.R. Ver Huell.  (pelukis) Benteng Belgica di Banda Neira. 1824:  (sumber foto)

1824: Benteng Belgica di Banda Neira. Pada awalnya, Banda, yang terdiri dari pulau Neira, Lontor, Ai, Run, Rosengain dan Gunung Api, merupakan satu-satunya daerah penghasil pala dan bunga pala di seluruh dunia. VOC tidak berhasil memperoleh monopoli perdagangan melalui perundingannya dengan pemimpin setempat. Karena itu dipakai cara militer. Pada tahun 1621 pasukan ekspedisi di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Lontor, pulau terbesar.

Penduduk yang tidak tewas atau mati kelaparan, melarikan diri atau ditangkap. Jumlah korban mencapai ribuan. Tahanan diasingkan ke Batavia. Pulau-pulau lain juga diduduki. Dengan penaklukan Lontor, monopoli atas buah pala dan bunga pala diamankan, tetapi akibat lenyapnya orang Banda, tidak ada tenaga yang dapat merawat pohon pala dan memanen buahnya. Untuk mengatasi masalah ini, VOC menyewakan penanaman kepada bekas karyawan atau keturunan mereka. Mereka diwajibkan memasok semua pala dan bunga pala kepada VOC dengan harga yang sudah ditetapkan. Pekerjaan itu sebenarnya tidak dilakukan oleh ‘perkenir’ tersebut, tetapi oleh budak. (sumber)

Het fort Stad Vlaardingen in Makassar

Q.M.R. Ver Huell,"Het fort Stad Vlaardingen in Makassar",1824, Litografi, 20,7 x 29,6 cm,Litho naar een oorspronkelijke tekening van VerHuell. Linksonder: Q.M.R. VerHuell del. Rechtsonder: Lith. De Jobard. Op de achterzijde is met potlood geschreven: r.b. 94. Met rood potlood: afgekeurd. 

Een rivier bij Goa, in de buurt van Makassar

Q.M.R. Ver Huell,"Het fort Stad Vlaardingen in Makassar", Litografi, 21,3 x 30,4 cm,Litho, naar een oorspronkelijke tekening van Q.M.R. Ver Huell. Middenboven:Celebes. Middenonder: rivier van Goa, nabij Makassar. Linksonder: Q.M.R. Ver Huell del. Plaat 4 uit 'Gezigten in Oostindië', 1824. Deze uitgave is niet voltooid. Op de achterzijde staat met potlood: r.b. 95, en met rood potlood: afgekeurd.


De rivier van Solo
Q.M.R. Ver Huell,"Het fort Stad Vlaardingen in Makassar", Litografi, 20,7 x 29,6 cm,Litho naar een oorspronkelijke tekening van Q.M.R. Ver Huell. Boven: Java. Rechtsonder: Litl: de Jobard. Rechtsbeneden: 3.


Artikel terkait (Klik kanan ini)

Referensi Gambar
http://www.geheugenvannederland.nl/?/nl/zoekresultaten




Disukai Pengunjung